Produk Riau di Pekan Informasi Nasional di Jabar Laris
Article

PEKANBARU : Ajang Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2016 di Provinsi Jawab Barat, spirit baru bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di wilayah Provinsi Riau berlangsung meriah.Hal itu di ungkapkan oleh salah satu peserta asal Kabupaten Siak Provinsi Riau Muhammad Nur (24/11), di Pekanbaru.

“ 8 (Delapan ) Tahun lebih melakukan kegiatan untuk membantu masyarakat sekitar dengan mengolah limbah perusahaan, belum memperoleh perhatian dari manapun, namun sejak adanya Kominfo Riau syukur Alhamdulillah“jelasnya.

Kondisi saat ini jauh berubah, Media Swasta Nasional sudah expose kami, Pemerintah Kabupaten sudah menawarkan dalam event event pameran, dan bantuan untuk memperkuat usaha juga sudah mulai saya rasakan.

Bahkan karena Kominfo beberapa waktu lalu, Saya terpilih menjadi Inovator versi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan sebagai pembicara di hadapan 3 (tiga) Kementerian RI.

Sementara itu Yennizawarni (Panitia Acara) di tempat terpisah mengatakan jika Pelaksanaan PIN 2016 di Jawa Barat Produk KIM Riau sangat di minati, KIM Asal Dumai dengan Produk Olahan Dendeng Pucuk Ubi dan Keripik Tahu, Habis terjual di hari Pertama Pembukaan PIN, KIM asal Rokan Hulu Madu Apis Cerana Juga Habis terjual di hari Pertama, 

Sementara KIM Asal Kabupaten Siak dengan olahan Limba Perusahaan berupa Tali Packing Habis Terjual di Hari Kedua serta menerima pemesanan dari Sinkawang dan Madiun.

Pelaksanaan PIN Jawa barat yang mengikutsertakan 3 Kabupaten di Riau ini telah mencapai target diantara ; Diseminiasi informasi, Meningkatan Ekonomi Mandiri, Pembinaan dan Pengembangan KIM.

Dalam Pelaksanaan PIN Jawa Barat ini : Booth Kominfo Riau juga di kunjungi oleh Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI Rosarita Niken Widiastuti, dalam kunjungannya mengungkapkan bahwa Riau telah berbuat dan selangkah lebih maju sehingga dapat dibuktikan Pemilihan KIM sangat selektif dan diminati produknya.

Ibu Dirjen juga senang melihat tayangan Produksi KIM yang di Publikasi melalui 2 TV LED yang ada di Booth Provinsi Riau, beliau juga mengucapkan kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Kota di Riau yang telah mendukung Kelompok - Kelompok Masyarakat sehingga kesenjangan ekonomi perlahan lahan dapat teratasi hingga kepelosok desa.

Di Ajang PIN 2016 Pemerintah Provinsi Riau juga menyerahkan Cinderamata dalam bentuk Kain Songket Sutra Khas Riau yang di serahkan oleh Kepala Bidang Komunikasi Hasmuri Hasan mewakili Kepala Dinas kepada Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudy Antara di acara penutupan PIN. (MC Riau/Tri).